Soemoer Timbo, Resto Bernuansa Klasik dengan Hidangan Unik

 

    Berlibur ke Solo tak lengkap rasanya jika tanpa kulineran. Banyak tempat makan baru di kota ini. Menawarkan berbagai hidangan. Namanya pun unik-unik. William Shakespeare boleh saja berkata, “Apalah arti sebuah nama”. Namun dalam dunia perdagangan, nama memegang fungsi penting.  Nama adalah daya tarik. Begitupun dalam dunia kuliner, resto yang memiliki nama unik bisa menarik pembeli untuk berkunjung.

                Adalah Soemoer Timbo Heritage Resto, sebuah resto bernuansa klasik di Jalan Kahuripan no 19 Surakarta. Resto ini menyajikan nuansa jadoel nan apik. Warna hijau mendominasi dengan banyaknya pepohonan alami yang rimbun.  Banyak aksesori etnik yang menjadi bagian dari dekorasi resto. Semisal sepeda dan motor tua yang antik, kursi dan meja lawasan, serta lampu-lampu gantung model lama. Tak salah jika resto ini mancantumkan “heritage” pada namanya.

    

              ada live musicnya juga, pas panggung kosong, pinjam sebentar untuk foto (IG @cahayanovi)





Lantai dua resto adalah area terbuka yang nyaman, sejuk, dan instagramable. Penamaan “soemoer timbo” diambil dari adanya sebuah sumur dan alat penimba air di area resto bagian bawah.



 foto : IG @cahayanovi


 

                Selain suasananya yang nyaman, hidangan yang disajikan juga special. Beberapa kali saya berkunjung ke sini bersama keluarga besar untuk acara makan bersama keluarga dan menjamu tamu dari luar kota. Makanan yang enak membuat keluarga kami kembali dan kembali lagi ke Soemoer Timbo.

 


Menurut saya, sajian di sini bisa mencakup segala selera. Ada aneka menu special nasi khas seperti Nasi Daun Jeruk, Nasi Liwetan Sunda, Nasi Bakar Cumi Asin, hingga Nasi Goreng. Ada yang menarik dan berbeda yakni nasi goreng yang terbuat dari nasi  jagung.

 

Pengen ngupas tentang aneka hidangan nasi, nih!

Nasi Daun Jeruk. Menu ini terdiri dari nasi putih yang dimasak dengan rempah dan daun jeruk. Rasanya gurih dan aroma daun jeruk nya segar menggoda. Dipadu dengan potongan ayam goreng, sambal matah, sayur oseng kacang Panjang, lidah cabe hijau, dan potongan telur dadar gulung. Cantik dan komplit.

nasi daun jeruk (IG @cahayanovi)


Nasi Liwetan Sunda adalah sepaket nasi liwet dalam bentuk tumpeng mini, dengan pelengkap rendang jengkol, sambal, ayam goreng, oseng kulit melinjo, dan oseng cumi asin dan jagung muda. Nikmat yang haqiqi, deh!


Nasi Bakar Cumi Asin. Diantara nasi yang beraroma harum karena dibakar dalam bungkusan daun pisang, ada potongan pete yang menyeruak tanpa malu-malu. Cumi asinnya pun tak pelit. Makin cocok dicocol sambal dan pelengkap tahu tempe goreng. Mantul!

                                                   nasi bakar cumi asin (IG @cahayanovi)

 

Kenapa yang dikupas cuma nasi? Karena beberapa kali ke sini, menu inilah yang paling banyak direquest oleh keluarga dan tamu-tamu keluarga kami.


                                                     

Menu special ikan Asin terdiri dari oseng-oseng cumi asin, teri kecombrang, balado jambal, dan lain-lain.

Menu special Solo mengedepankan hidangan andalan Selat Solo, Bakmi Goreng, Bakmi Godog, dan Dadar Sitrun.

Anak-anak yang menginginkan menu kekinian bisa dimanjakan dengan Menu Western seperti Chicken Cordon Bleu, Chicken Katsu.

Masih ada pula cemilan serupa kroket, sosis, chicken pok pok, pisang goreng, mendoan, dan lain-lain.

Minuman pun sangat bervariasi. Mulai dari aneka jus buah, blend, hingga Jamaican Blast. Bermacam varian kopi dan teh hingga jamu tradisional seperti Beras Kencur dan Gula Asem.

                                                      dessertnya istimewa kan (@IG cahayanovi)

 

                Bisa paham kan, kenapa resto ini tidak pernah sepi? Karena menunya sangat banyak, variatif dan cocok bagi lidah semua umur. Dari kakek nenek hingga para cucu, pasti menyukai.

                Salah satu sudut yang menarik adalah panggung live musik yang menghangatkan suasana mulai pukul 19.00 hingga 22.30 setiap harinya. Selain itu, Soemoer Timbo juga memiliki paket Pernikahan dan paket Ulang Tahun.

 

                Selama masa pandemi, resto Soemoer Timbo Heritage menerapkan protocol Kesehatan yang ketat. Sebelum masuk area resto pengunjung diwajibkan mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya. Hand sanitizer dan wastafel disediakan di beberapa sudut.

Seluruh pegawai resto pun telah menjalani pemeriksaan Kesehatan dan proses masak memasaknya dilakukan sesuai standar kebersihan.


Jadi, kapan dolan Solo?


Tulisan ini Diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting

5 komentar on "Soemoer Timbo, Resto Bernuansa Klasik dengan Hidangan Unik"
  1. Terima kasih info tempat kuliner di Solo Mbak Novi. Kayaknya kok menarik tempatnya dan komplit menunya. Tak catet dulu. Kapan-kapan pas ke Solo pasti meluncur ke situ.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Senangnya dapat referensi kulineran di Solo. Ambiance nya keren ya mbak. Walau klasik tetap memberikan opsi pilihan menu kekinian buat pilihan anak-anak. Terus berkembang kuliner yang seperti ini. Kuliner itu sangat membahagiakan apalagi bersama orang-orang kesayangan.

    BalasHapus
  4. Kangen jalan-jalan. Pengen banget akutu wisata kuliner di solo. Karena, seringnya cuma numpang lewat. Padahal banyak hidden gems di sini ya. Terutama makanannya yang unik. -bacaanipeh

    BalasHapus
  5. Fixed kalau ke Solo nanti ke sini, Insya Allah..auranya jadoel bikin nostalgia. Menunya menggoda, bisa memenuhi selera yang tua maupun muda. Wah, enak tenan, Soemoer Timbo bisa jadi pilihan kulineran.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9