Tetap Aktif Tanpa Takut Sakit dengan Kebaikan Alami Tanaman Herbal

 

Saya adalah seorang ibu dengan dua anak laki-laki dengan rentang umur cukup jauh, 9 tahun. Hidup berempat tanpa pembantu membuat aktivitas saya bagaikan apotek 24 jam. Apalagi anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan sedang aktif-aktifnya. Sungguh berkah bagi seorang ibu adalah bisa jumpalitan di rumah mengurus segala keperluan rumah tangga dan sekaligus menjadi wanita karir di luar.

Hati bahagia adalah kunci dalam menjalankan semua tugas di rumah. Namun, semua  aktivitas tersebut tentu harus didukung dengan tubuh yang sehat dan bugar. Kesehatan saya dan seluruh anggota keluarga adalah yang utama. Untuk mendapatkan kesehatan yang prima dan tidak mudah terserang penyakit, asupan makanan harus dijaga. Tetapi sebagai manusia biasa, adakalanya imunitas tubuh menurun, maka seorang supermom pun bisa jatuh sakit juga. Jika ibu sakit, banyak pekerjaan yang terbengkalai. Pada kenyataanya, walaupun badan pegal semua, masuk angin atau flu melanda, seorang ibu pasti tetap merasa tidak  tega hanya berbaring,  melihat suami dan anak-anak kebingungan menyiapkan makanan dan keperluan sehari – hari. Kalau sudah begini, jauh-jauh deh, penyakit!

Sebenarnya, tubuh manusia telah didesain sedemikian rupa oleh Sang Pencipta sehingga memiliki sistem pertahanan atau sistem imun yang berfungsi menangkal serangan mikroorganisme penyebab penyakit. Sistem imun  ini harus dijaga dan lebih diperkuat apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. Selain melalui makanan dan minuman sehat setiap hari,  jalan ninja penguat ketahanan tubuh saya adalah minuman herbal.

Mengapa minuman herbal? Bukankah saat ini tersedia aneka suplemen kesehatan di pasaran? Alasan saya lebih memilih minuman herbal adalah :

 ·         Tradisi

Ramuan herbal atau lebih dikenal sebagai jamu, telah menjadi tradisi  masyarakat Indonesia, terutama Pulau Jawa. Mulai dari anak-anak hingga lansia, ada jamunya. Mulai dari mengobati masuk angin hingga usai melahirkan, ramuan herbal telah menjadi solusi. Begitu pula dengan saya yang terbiasa meminum jamu sejak remaja. Kunyit asam adalah konsumsi wajib saat haid, jahe madu selalu menjadi minuman favorit, dan aneka ramuan herbal lainnya telah akrab di lidah dan seluruh tubuh, sehingga rasanya ada yang kurang bila tidak mengkonsumsi ramuan herbal.

 ·         Alami

Kondisi lingkungan apalagi di daerah perkotaan, mampu memicu timbulnya bermacam-macam penyakit. Polusi udara akibat asap knalpot kendaraan, limbah pabrik, polusi asap rokok, dan sampah yang menumpuk, mampu menyebabkan pencemaran lingkungan. Ditambah lagi dengan gaya hidup modern yang cenderung serba instan dan pola makan yang tidak baik,  harus diimbangi dengan kebiasaan sehat yaitu kembali ke alam. Minuman herbal adalah salah satu solusi kita untuk kembali ke alam karena berbahan dasar aneka bahan alami yakni tumbuhan rempah yang dikenal sebagai TOGA atau Tanaman Obat Keluarga

 ·         Berkhasiat

Khasiat minuman herbal telah dikenal sejak zaman dahulu kala. Oleh karena itu tak heran bila bahan-bahan ramuan herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya, masuk dalam kategori Tanaman Obat Keluarga

Aneka herbal (dok.pribadi)

    Menilik manfaat ramuan herbal, tentunya minuman ini selayaknya menjadi konsumsi sehari-hari. Saya pun pada mulanya mencoba meramu sendiri. Ternyata cukup repot dan memakan waktu, apalagi bagi ibu rumah tangga sekaligus wanita pekerja seperti saya. Untuk meracik wedang jahe saja, saya harus merendam jahe terlebih dahulu, kemudian mencucinya hingga bersih. Membersihkan jahe harus dengan sikat kecil agar kotorannya dapat hilang sempurna. Jikalau ingin mengupas pun agak repot , karena bentuk jahe yang tak beraturan. Belum lagi urusan  meramu jamu kunyit asam. Jari jemari ini bisa kuning semua setelah mengupas dan memarut kunyit. Ketika sampai di kantor dan harus bertemu klien, menjadi kurang percaya diri saat bersalaman karena jari jemari yang kuning kunyit. Untuk takarannya pun hanya memakai ilmu “kira-kira”, sehingga saya tidak tahu sebenarnya ramuan herbal homemade ini sudah pas atau belum, dan seberapa banyak yang boleh diminum. Proses perebusan jamu atau ramuan herbal pun tidak boleh sembarangan agar kandungan zat-zat yang diinginkan tidak hilang. Panci khusus diperlukan terutama jika ingin membuat ramuan memakai asam jawa. Asam dan kunyit yang direbus  dengan panci berbahan aluminium bisa  menimbulkan reaksi logam yang berakibat kurang baik bagi kesehatan.

            Saking ribetnya membuat ramuan sendiri, saya pernah memutuskan membeli produk jadi. Tetapi saat itu beredar kabar beberapa produk jamu menambahkan zat aditif tertentu sehingga saya menjadi kuatir untuk membelinya. Membeli jamu siap minum? Saya ragu akan higienitasnya. Tetapi segala kegalauan  berlalu ketika saya menemukan Herbadrink. Awal mulanya karena rekomendasi teman untuk mencoba Herbadrink Kunyit Asam Sirih, ternyata keterusan sampai sekarang dan berlanjut dengan varian-varian lainnya.

            Pasaran jamu atau herbal cepat saji saat ini semakin ramai. Apalagi semenjak pandemi, beragam merk menghiasi etalase supermarket. Pilihan jatuh kepada Herbadrink karena beberapa alasan, yaitu :

·         Produsennya Terpercaya

Herbadrink diproduksi oleh PT Konimex di Sukoharjo, Jawa Tengah. Nama Konimex sendiri adalah jaminan bagi produk-produk terpercaya. Sebut saja Inza, Inzana, Konidin, dan Neo Napacin. Kemudian untuk produk kembang gula ada Hexos dan Nano-nano. Produk alami dari Konimex di antaranya Virugon, Jesscool, Konicare (minyak telon dan minyak kayu putih), dan tentu saja Herbadrink, minuman herbal premium dari bahan-bahan alami.  Didirikan sejak tahun 1967 oleh Djoenaedi Joesoef, Konimex terus berkembang dengan konsep 3M-nya , yaitu Mutu, Mudah, dan Murah. Konimex telah meraih berbagai penghargaan di bidang farmasi seperti  Top Brand, Excellence Brand Award, Word of Mouth Marketing (WOMM) Award Indonesia Best Brand Award, Indonesia Original Brand Award, dan WOW Brand Award.

·         Terbuat dari Bahan Alami

Herbadrink terbuat dari bahan-bahan alami yang diproses dengan teknologi modern sehingga terjamin kualitasnya. Rempah-rempah yang digunakan telah diseleksi sebelumnya dan dipilih yang benar-benar bagus dan tanpa menggunakan pengawet. Higienitas produk tak diragukan lagi. Selain itu rasanya pun enak. Bahkan ada varian sugarfree sehingga memudahkan bagi para penderita diabetes atau yang menjaga kadar gula. Dengan kemasan yang cantik, Herbadrink semakin memikat.

·         Banyak Varian

Peminum jamu seperti saya adalah konsumen yang setia. Artinya, minum jamu adalah kebiasaan atau rutinitas yang selalu dilakukan. Sangat menyenangkan mengetahui lengkapnya varian dari Herbadrink. Hari ini temulawak, besok jahe, besoknya kunyit asam, yang penting badan sehat dan selalu bugar.



Pendukung Setia Semua Aktivitas Ibu

            Sebuah rilisan dari Riset Tumbuhan Obat dan Jamu (Ristoja), 2017 menyebutkan bahwa ramuan herbal memiliki manfaat mengatasi keluhan preventif dan promotif, Ramuan herbal memiki efektifitas penggunaan yang bisa dirasakan manfaatnya selama kurang dari satu minggu sebanyak 57% dan selebihnya bisa dirasakan selama sebulan. Ini berarti bahan-bahan alam ini menjadi masuk akal untuk kita andalkan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Berikut adalah varian herbadrink andalan saya selama ini :

·         Herbadrink Temulawak

Saya butuh vitalitas dalam menjalankan aktivitas rutin sehari-hari. Sehat adalah tidak tidak sakit. Oleh karena itu saya memilih tidak saja sehat tapi juga bugar. Untuk menjaga kebugaran tubuh saya mengkonsumsi Herbadrink Temulawak. Salah satu alasannya adalah dari sebuah artikel yang saya baca beberapa tahun lalu. Artikel ini menyebutkan rahasia vitalitas seorang pejabat negara yaitu rutin mengkonsumi temulawak setiap pagi. Tak heran karena temulawak memang mengandung Kurkuminoid, minyak atsiri, pati, lemak, selulosa dan mineral. Secara umum temulawak menjaga system pencernaan, menjaga, kesehatan liver dan osteoarthritis atau penyakit degeneratif persendian. Herba-start saya setiap pagi adalah herbadrink temulawak. Bahkan kini ada varian Herbadrink Temulawak Sugar Free. Pas untuk usia saya yang harus menjaga kadar gula darah. Cara penyajiannya pun sangat mudah, cukup campurkan 1 sachet herbadrink temulawak dengan 150 ml air hangat, aduk sebentar, siap deh!

·        Herbadrink Sari Jahe

Herba-break sore hari sepulang kantor adalah Herbadrink Sari Jahe. Jahenya benar-benar terasa mantap, pas panas, pedas, dan manisnya. Tidak ada endapan pula. Jahe sendiri dipercaya memiliki khasiat meringankan nyeri otot, mengatasi mual ringan, menenangkan pencernaan, mengurangi kolesterol, anti penuaan dan antikanker. Pada masa pandemi ini, jahe banyak diburu karena kandungan zat gingerol dalam jahe mampu menangkal bakteri dan virus. Jahe mengandung vitamin C dan magnesium yang mampu memperkuat system imun. Zat gingerol, shorgaol dan zingerones di dalamnya menjadi aktioksidan bagi tubuh. Minum jahe secara rutin dapat menghindarkan kita dari flu dan batuk. Saya pun selalu sedia Herbadrink Sari Jahe di kantor jika sewaktu-waktu cuaca dingin atau badan greges-greges, tinggal seduh sari jahe, diminum hangat-hangat, badan langsung terasa lebih enak.


·         Herbadrink Wedang Uwuh

Wedang uwuh dipercaya mampu menangkal serangan virus. Dinamakan wedang uwuh, dalam Bahasa Jawa, uwuh artinya sampah, karena dalam penyajiannya bermacam-macam rempah dicampur menjadi satu dalam gelas kemudian diseduh air mendidih, sehingga gelas nampak penuh dengan rerempahan ini.  Komposisi wedang uwuh terdiri dari jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, serai, kapulaga, dan gula. Banyak dan komplit kan? Tak heran jika wedang uwuh yang dijuluki “Si Rempah Merah Nusantara”, menjadi minuman favorit keluarga Keraton Yogya dan Surakarta. Bagi yang belum terbiasa, adanya rerempahan di dalam gelas memang menyulitkan peminumnya. Herbadrink membuat terobosan dengan menyajikan Herbadrink Wedang Uwuh berbentuk serbuk. Tinggal diseduh dengan air panas dan tanpa ampas sehingga mudah untuk diminum tanpa kehilangan khasiat alaminya.


·         Herbadrink Kunyit Asam

Tiada yang bisa menangkal ketidaknyamanan badan saat menstruasi selain Herbadrink Kunyit Asam. Menurut saya, ini herba-break terbaik. Saat menstruasi, perut akan terasa begah, pinggal pegal, kram perut,bahkan bisa sampai nyeri yang teramat sangat. Kunyit memiliki kandungan aktif kurkumin yang mampu menenangkan kontraksi perut. Kurkumin bisa menghambat produksi prostaglandin, yakni hormon penyebab peradangan dan nyeri. Sifat analgesic pada kunyit juga mampu mengurangi nyeri pada tubuh. (liputan6.com). Oleh sebab itu, sebagai ibu yang aktif saya selalu rutin meminum Herbadrink Kunyit Asam saat sedang menstruasi, agar tetap bisa beraktifitas dan fit seperti hari-hari normal. Selain itu kunyit adalah imunomodulator yakni peningkat sistem imun sehingga mampu melawan virus dan bakteri. Asam jawa sendiri mengandung antimikroba yang membantu melawan bakteri, virus, dan jamur. Gabungan keduanya dalam Herbadrink Kunyit Asam, adalah pasukan tangguh bagi tubuh kita. Dan jangan lupa, rasanya enak! Diminum dingin, makin bertambah nikmatnya.


·       Herbadrink Kunyit Asam Sirih Madu

Varian ini adalah favorit saya. Tidak hanya di saat haid, namun saat herba-break di kantor atau di sela-sela kesibukan mengurus rumah. Diminum dingin dengan tambahan es batu, segar dan menyehatkan! Manfaatnya pun sangat banyak dan cocok untuk kaum ibu yang selalu ingin tampil cantik energik. Selain fungsi antioksidan dari kunyit yang mampu mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit, kunyit asam dapat mengendalikan nafsu makan sehingga berat badan selalu terkontrol. Kandungan  madu sudah terbukti mampu menambah stamina tubuh, Sedangkan daun sirih memiliki khasiat menghilangkan bau badan dan bau mulut serta mengatasi gangguan tenggorokan juga pencernaan. Ramuan kunyit asam sirih madu juga berkhasiat mengatasi keputihan dan bau tak sedap.  Ada sensasi dingin segar dari sirih yang  membuat minuman ini terasa lebih istimewa. 


Untuk mendapatkan kesehatan yang prima tidak bisa dengan cara instant atau hanya dilakukan sesekali. Rutinitas sangat penting karena tubuh kita ibarat mesin yang harus rajin dirawat agar senantiasa lancar sistemnya. Ibu-ibu supersibuk yang ingin selalu aktif tanpa takut sakit, yuk, mari berinvestasi jangka panjang pada kesehatan kita dengan rajin dan rutin minum herbal. Herbadrink adalah pilihan terbaik bagi ramuan herbal kekinian dengan segala kandungan kebaikan alam. Selain di atas, masih ada varian Herbadrink lainnya yang seluruhnya bermanfaat bagi kesehatan, yakni Herbadrink Chrysantemum, Herbadrink Chrysantemum Sugar Free, Herbadrink Beras Kencur,dan  Herbadrink Kopi Ginseng. 





Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9