7 Makanan Khas Timur Tengah yang Populer di Indonesia

Pernah mencicipi kebab atau shawarma? Yang pertama terlintas di kepala saat mendengar nama makanan tersebut adalah daging lezat yang dibungkus roti tortilla kemudian dipanggang hingga kecoklatan dengan aroma mentega yang harum… Hmmm, enaknyaa…Selain kebab dan shawarma masih ada beberapa hidangan khas Timur Tengah yang popular di Indonesia. Yuk, kita cari tahu! 1. Kebab Asal mula kebab adalah dari Persia. Pada abad ke-8 kebab dibawa oleh Persia ke Timur Tengah. Baru kemudian di abad 16 tentara Turki memperkenalkannya ke seluruh dunia. Kata kebab berasal dari diksi Persia “kabab” yang berarti daging yang ditusuk. Daging untuk kebab memang memiliki ciri khas dalam proses memasaknya yaitu daging yang telah dibumbui ditumpuk-tumpuk vertical kemudian dipanggang secara memutar. Dari sinilah berasal istilah kebab doner yang berasal dari bahasa Turki “memutar”. Adapula istilah shis kebab bila daging ditusuk dengan alat sejenis pedang. Daging yang telah matang diiris dari pinggir gulungan dan disajikan dengan tortilla bersama sayuran dan saus pelengkap. Biasanya kebab yang telah dibungkus kulit tortilla ini akan dipanggang sebentar di atas wajan anti lengket sesaat sebelum penyajian. 2. Shawarma Tak berbeda jauh dengan kebab, shawarma terbungkus kulit tortilla juga. Namun beda pada isi dagingnya. Umumnya kebab terbuat dari daging sapi atau kambing, shawarma terbuat dari daging ayam. Selain itu saus dalam shawarma dinamakan saus Tahini, rasanya khas dan unik. Chef Salimos dalam chanel YouTubenya pernah membuat saus Tahini versi “mudah”, berbahan dasar biji wijen yang diblender dan berbagai bumbu. Daging pada kebab dan shawarma sama-sama memiliki rasa yang “kaya” karena dibumbui dengan rempah-rempah sebagaimana ciri khas masakan Timur Tengah.
Shawarma DNayo Yogya (foto koleksi pribadi) 3. Nasi Kebuli Nasi kebuli adalah nasi yang dimasak dengan susu kambing atau susu sapi dan bumbu rempah-rempah, dicampur dengan potongan daging kambing atau sapi. Rasanya gurih dan berbumbu. Disajikan dengan acar dan lauk olahan daging. Namun ada pula yang menyajikan dengan variasi kerupuk atau telur rebus. Enak dan mengenyangkan. Tak heran makanan ini banyak penggemarnya di Indonesia yang makanan utamanya adalah nasi. 4. Nasi Mandhi Mirip dengan nasi kebuli namun dengan bumbu yang lebih ringan. Penyajiannya pun berbeda karena pada nasi mandhi ditambahkan potongan kurma atau kismis 5. Samosa Makanan ini umumya berbentuk segitiga. Kulitnya mirip martabak ataupun kue pastel. Isi samosa biasanya adalah daging , kentang rebus, bawang Bombay dan dimasak dengan bumbu kari yang lezat. Samosa kemudian digoreng dan siap dihidangkan beserta saos cocolan. 6. Roti Maryam Di masa pandemi ini roti maryam ikut naik daun karena selain bisa dijual dalam bentuk beku, roti maryam juga mudah divariasikan dengan toping yang beraneka macam. Terbuat dari terigu, tekstur roti maryam empuk dan sedikit renyah. Topingnya kini bervariasi, ada roti maryam coklat, teh hijau, blueberry, ataupun versi aslinya yaitu gurih sedikit plain. Karena di daerah asalnya roti maryam biasa disantap bersama kari kambing. 7. Baklava Konon baklava adalah makanan orang-orang kaya. Pembuatannya yang rumit dan rasanya yang eksotis membuat hidangan ini disajikan pada acara-acara penting saja. Namun kini baklava telah dijajakan secara umum dan mudah didapat. Baklava dibuat dari lapisan roti tidak beragi yang sangat tipis sehingga rasanya renyah dan berisi aneka kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio yang dibumbui manis, disiram dengan mentega dan sesaat setelah dipanggang akan disiram dengan sirup manis dari campuran lemon, madu, dan kayu manis. Hidangan khas Timur Tengah pada umumnya mudah diterima di Indonesia karena masyarakat kita pun gemar memasak menggunakan aneka rempah sehingga menghasilkan masakan yang kaya rasa. Yang mana favorit Anda? Yuk, cobain
10 komentar on "7 Makanan Khas Timur Tengah yang Populer di Indonesia"
  1. Wow... makanannya endes-endes nih... jadi laper..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Bu...berdaging dan berempah bikin laper

      Hapus
  2. Diantara semua makanan timur tengah itu saya suka samosa mbak, kayak martabak ya. Kalau anak2 biasanya suka kebab sama nasi kebuli. Makanan timur khas sangat khas ya, rempahnya itu lho komplit. Hii jadi ngiler nih bayangin samosa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak...aku juga suka samosa. Tapi aku jualan kebab frozen hehehe...tanya mbak laras deh, endeeuss heheh iklan

      Hapus
  3. Yuni belum pernah nyobain makanan khas timur tengah sih. Kecuali nasi kebuli. Itu pun sudah sangat lama sekali. Keknya lupa sama rasanya. Hehehehe

    Tapi karena daging-dagingan, Yuni agak nggak doyan juga sih. Kecuali roti maryam kali ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi kebuli enak mbak, favorit anak2ku hehe. Roti maryam bisa divariasikan dengan macam2 selai sih mbak, cocok buat yang nggak suka daging

      Hapus
  4. Dari sekian banyak yang disebutkan, yang belum pernah makan shawarma dan baklava, kalau yang lainnya udah pernah semua. Di tempatku banyak yang jualan menu timur tengah juga.karena di sini banyak warga keturunan arab

    BalasHapus
    Balasan
    1. shawarma enak mbak...aku juga jualan shawarma homemade..hehehe malahan iklan

      Hapus
  5. Wah, auto kepingin semua mbak. Belum pernah makan shawrma sama baklava deh

    BalasHapus
  6. Aku sebenernya jarang makan makanan Timteng gini Mba. Paling banter baru makan kebab dan samosa hihihi. Tapi emang sih aku setuju makanan khas Timteng yang kaya rempah ini cucok di lidah orang Indo.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9