RENDANG, MAKANAN ASLI INDONESIA YANG DISUKAI DUNIA

 

SERI SEJARAH MAKANAN :


RENDANG, MAKANAN ASLI INDONESIA YANG DISUKAI DUNIA

 

Siapa yang tak kenal rendang?  Makanan khas Padang  berbahan dasar daging yang dimasak dengan aneka ragam rempah sehingga menghasilkan rasa yang “kaya”.  Rendang sangat familier bagi masyarakat Indonesia seiring dengan menjamurnya rumah makan Padang. Kelezatannya telah terbukti dengan dinobatkannya rendang menjadi Hidangan Peringkat Pertama pada World’s 50 most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat di Dunia) versi CNN International pada tahun 2017.

Untuk informasi, kuliner terbaik versi CNN ini ditentukan dari hasil voting dari 35 ribu orang di dunia yang mengikuti voting melalui akun Facebook CNN.

foto : rendang buatan Ibuku sayang

Dikutip dari Wikipedia, asal usul rendang ditelusuri berasal dari Sumatera khususnya daerah  Minangkabau. Bagi masyarakat Minang, rendang telah menjadi makanan tradisi yang dihidangkan dalam berbagai upacara adat maupun keseharian.

Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Gusti Asnan menduga, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16.  Rendang dibawa sebagai bekal dalam pelayaran mereka karena makanan ini bisa tahan berhari-hari.

Masyarakat Minangkabau Sumatera Barat memiliki budaya turun temurun yaitu merantau. Bahkan merantau menjadi wajib terutama bagi kaum pria yang belum menikah agar bisa dianggap sebagai orang yang mandiri dan dewasa.

Pepatah Minang mengatakan “Karatau tumbuah dihulu, babuah babungo alun, marantau bujang dahulu, dirumah baguno alun”. Pepatah ini berarti bahwa anak laki-laki yang belum menikah tidak mempunyai peranan atau posisi dalam adat dan belum bisa menentukan keputusan dalam keluarga. Hal ini dikarenakan anak dianggap belum memiliki pengalaman. Oleh sebab itu, si anak harus mencari pengalaman dengan cara pergi merantau.

Dalam perantauan, masyarakat Minang yang memang gemar berdagang banyak membuka rumah makan dengan sajian khas masakan daerahnya. Salah satunya yang menjadi favorit adalah rendang. Karena hal inilah maka rendang bisa  dikenal luas di  seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia.

Sebagaimana masakan asli Indonesia, rendang memiliki filosofi tersendiri. Dikutip dari artikel “Rendang: The Treasure of Minangkabau” karya Muthia Nurmufid dan kawan-kawan yang terhimpun dalam Journal of Ethnic Foods (Desember 2017), istilah “rendang” berasal dari kata “marandang” yang bermakna “secara lambat”. Makna tersebut merujuk pada lamanya waktu memasak rendang untuk menghasilkan tekstur daging yang kering dan aroma rempah yang kuat dengan warna cokelat gelap serta bercitarasa maksimal. Jadi, sebenarnya rendang adalah suatu teknik memasak, bukan nama makanan.


Dalam memasak rendang dibutuhkan unsur kesabaran, kebijaksanaan dan ketekunan untuk menghasilkan hidangan bercita rasa tinggi. Inilah 3 makna yang dipercayai masyarakat Minang, terkandung dalam rendang.

Rendang juga mengandung makna simbolik dari 4 bahan pokoknya yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang. Dagiang (daging) merupakan niniak mamak (para pemimpin suku adat), karambia (kelapa) melambangkan cadiak pandai (kaum Intelektual), lado (cabai) sebagai simbol alim-ulama, dan pemasak (bumbu) menggambarkan keseluruhan masyarakat Minangkabau. dikutip dari buku Randang Bundo (2019) karya Wynda Dwi Amalia

Bahan dasar rendang bisa memakai daging sapi, kambing, kerbau dan daging ayam. Ada yang mencampurkan tempe, tahu, telur, juga kentang ukuran kecil, disebut kentang randang.

Bumbu wajib dalam pembuatan rendang adalah bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, daun kunyit dan daun jeruk purut. Tetapi dalam prakteknya, orang Minang memberi tambahan rempah lain. Penambahan bumbu atau rempah lain ini tergantung daerah dan kebiasaan. Masing-masing wilayah memiliki ragam tambahan rempah sendiri. Karenanya ada perbedaan dalam resep rendang asli Payakumbuh, Padang Pariaman, Batusangkar, Bukittinggi dan lain-lain

Perbedaan penambahan rempah ini misalnya ada yang memakai kunyit ada pula yang tidak. Ada daerah yang menambahkan ketumbar. Rendang yang dimasak orang Jawa, biasanya ditambahkan sedikit gula.

Nah….jadi pengen masak rendang kan?

 

Berikut bahan dan bumbu-bumbu rendang secara umum :

Bahan:

·         1 kg daging sapi gandik atau paha, potong sesuai selera

·         2 buah serai, geprek

·         1 lembar daun kunyit

·         1 buah asam kandis / ganti dengan 1 sdt asam jawa 

·         5 helai daun jeruk purut

·         2 liter santan kental (dari 3 butir kelapa)

·         1.5 sdt garam atau secukupnya

Bumbu Halus:

·         250 gr cabe merah 

·         10 buah/100 gr bawang merah

·         5 siung/15 gr bawang putih

·         25 gr lengkuas segar, kupas

·         25 gr jahe, kupas

Proses memasaknya bisa bervariasi. Ada rendang yang sedikit berkuah kental, biasa disebut “kalio”. Ada pula rendang yang dibuat kering tanpa kuah sehingga bisa tahan berbulan-bulan. Pun juga ada yang menambahkan parutan kelapa sangrai sesaat saat kuah hampir menyusut. Ini menghasilkan rendang yang lebih gurih, agak kehitaman dan sisa bumbu yang meresap pada kelapa parutnya bisa jadi cocolan yang sangat enak dicampur nasi putih hangat.

Untuk menghasilkan rendang yang kering, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan api kecil agar kuah benar-benar menyusut dan bumbu meresap sempurna dalam daging.



11 komentar on "RENDANG, MAKANAN ASLI INDONESIA YANG DISUKAI DUNIA"
  1. Wah, enak ini Mbak. Salah satu makanan favorit kalau lagi jajan di warung nasi padang.

    BalasHapus
  2. Yeyay..ada resep rendang, bisa nih dicoba nanti.
    Oh ya memang benar ya, memasak rendang dibutuhkan unsur kesabaran, kebijaksanaan dan ketekunan untuk menghasilkan hidangan bercita rasa tinggi. Bikinnya lamaaa butuk kesabaran warbiayasaa...duh jadi pengin rendang saya:)

    BalasHapus
  3. Oh, tidak! membaca postingan ini membuat perutku riuh berkerucuk di pukul dua dini hari, hahahaha! Tanggung jawab, dong! Wkwkwk ...

    Aku setuju bahwa rendang adalah salah satu masakan terenak di dunia. Duh, kalau bicara masakan khas Indonesia tuh susah milihnya mana yang paling enak. Semuanya enak. Makanya kalau tinggal di luar negeri, aku pasti bakal rindu serindu-rindunya sama masakan Indonesia termasuk rendang ini.

    BalasHapus
  4. Doooh auto ngeces ini liat rendang. Juara banget deh, favorit keluarga. Gak heran kalau dinobatkan sebagai World’s most Delicious Foods. Semua orang yang pernah mencicipi rendang pasti dukung.

    Tapi sampe sekarang belum pernah nyoba masak sendiri, lebih suka beli di warung nasi padang :p

    BalasHapus
  5. setuju banget nih, apalagi rendang buatan ibu saya hehe. the best of the best. kadang makan bisa 4 kali sehari kalo ibu buat rendang. saya masih belum berani bikin rendang, takut gagal hehe.

    BalasHapus
  6. Asli deh. Baca ini aku jadi tahu mengenai asal usul dan tetek bengek mengenai rendang ini. Oh ternyata begitu ya. Btw aku suka rendang tapi belum pernah nyoba masak sendiri sih. Selalu beli atau saudara yang masakin

    BalasHapus
  7. Saya jadi suka Rendang gara-gara dulu pernah merantau dan berteman dengan beberapa orang Padang. Kebetulan mereka pandai juga memasak Rendang. Biasanya ditambah dengan kentang kecil yang tanpa dikupas kulitnya itu lho. Hmm yummy....

    BalasHapus
  8. Wah rendang termasuk pilihan makanan keluarga kami yang di Pekanbaru, meskipun masaknya ala ala orang Jawa dan Aceh, kebetulan asisten orang Aceh .tapi cukuplah meski agak beda dengan Rendang nya asli Minang.

    BalasHapus
  9. Nggak nyangka aja sih, ada cerita sejarah dalam makanan rendang. Padahal yuni mah doyan banget sama rendang ini. Hehehe

    BalasHapus
  10. Walau orang Jawa tapi aku suka banget sama rendang

    BalasHapus
  11. rendang tuh makanan yang butuh kesabaran membuatnya, enak dimakannya dan tentunya bergizi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9